poster

Pantai 3 Warna di Malang

Kota Malang di Jawa Timur mempunyai banyak potensi wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan bersama seluruh anggota keluarga, ada banyak pilihan Obyek Wisata di Malang yang bisa dikunjungi baik itu yang berupa museum, pantai, taman bermain, pemandian, ataupun air terjun. Kalau ingin berkunjung ke museum bisa ke Museum Angkut, kalau ke taman bermain atau wisata keluarga bisa ke Jatim Park 1 atau Jatim Park 2, jika ingin wisata air terjun bisa ke Air Terjun Coban Rondo, dan jika ingin wisata pantai bisa berkunjung ke Malang selatan, deretan pantai cantik menunggu Anda di sana, seperti Pantai Ngliyep, Pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu. Dan ada satu lagi pantai baru yang baru dibuka untuk umum di Malang, yaitu Pantai Tiga Warna.
Pantai 3 Warna

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Malang, yaitu Pantai 3 Warna

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai di Malang yang kini sedang banyak dibicarakan oleh para pecinta traveler terutama pecinta wisata pantai. Sesuai denga namanya, pantai 3 Warna tentunya memiliki keunikan di warna airnya yang berbeda-beda karena adanya perbedaan kedalaman air laut. Pantai 3 Warna ini baru dibuka menjadi tempat wisata mulai pertengahan tahun 2014. Meskipun baru dibuka, pantai ini sudah langsung ramai didatangi oleh para wisatawan yang penasaran akan keindahannya.
Pantai Tiga Warna di Malang


Letak, akses jalan atau rute menuju Pantai Tiga Warna di Malang

Lokasi pantai 3 Warna berada di wilayah rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang serta hutan lindung Desa Tambakrejo atau di daerah konservasi Sendang Biru, kabupaten Malang-Jawa Timur. Pantai ini dikelola oleh Bhakti Alam yang anggotanya berasal dari warga desa sekitar pantai. Posisi pantai 3 warna bersebelahan dengan pantai Sendang Biru yang merupakan pintu masuk ke cagar alam pulau Sempu.
Persimpangan ke Sendang Biru dan Goa Cina, pilih jalur ke kanan untuk ke pantai 3 Warna

Akses jalan dari kota Malang menuju pantai 3 Warna, Anda bisa mengambil jalur yang mengarah ke Gadang - Turen, ikuti terus petunjuk arah yang mengarahkan menuju pantai Sendang Biru, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam akan ada petunjuk arah di persimpangan jalan untuk menuju pantai Sendang Biru atau ke pantai Goa Cina (lihat foto diatas), Anda pilih jalan yang ke kanan menuju pantai Goa Cina atau TPI jika ingin sampai di pantai 3 Warna, sekitar 2 km dari persimpangan jalan tadi akan ada petunjuk jalan belok ke kiri menuju TPI, ikuti kalur ke kiri, Anda akan memasuki perkampungan warga dan menemukan arah ke Clungup Mangrove Conservation sebelum Bank BRI (lihat foto di bawah)
Petunjuk arah menuju Clungup & Mangrove, pintu masuk menuju pantai 3 Warna

Pintu masuk menuju pantai Tiga Warna harus melalui pantai Clungup dan Mangrove Conservation, untuk kendaraan sepeda motor akan melewati jalanan sempit yang masih berupa tanah liat untuk menuju pintu masuk utama Clungup Mangrove Conservation tersebut, sedangkan untuk mobil akan parkir agak jauh dari pintu masuk utama dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 1 km menuju Clungup Mangrove Conservation.
Pintu masuk Clungup & Conservation menuju pantai Tiga warna

Harga tiket masuk dan fasilitas Pantai Tiga Warna di Malang

Untuk menikmati keindahan pantai 3 warna, pengunjung harus membayar  biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang, dan harus menyewa jasa guide untuk trekking menuju pantai Tiga warna, biaya guide sebesar Rp. 100.000 per kelompok, dan per kelompok dibatasi maksimal 10 orang. Jika Anda datang kurang dari 10 orang, Anda bisa bergabung dengan pengunjung yang lain yang jumlahnya tidak sampai 10 orang. Untuk berkunjung ke pantai 3 warna ini dibatasi kuota, misal kuota sudah penuh, Anda harus menunggu kelompok yang sedang trekking kembali untuk digantikan dengan rombongan atau kelompok berikutnya.
Alat snorkeling yang disewakan di pantai Tiga Warna Malang

Satu-satunya penjual di pantai 3 Warna Malang

Untuk fasilitas snorkeling, kita bisa menyewa di lokasi pantai sebesar Rp. 15.000 per set meliputi baju pelampung, kaca mata dan alat bantu napas. Sedangkan fasilitas lain di pantai Tiga Warna juga masih sangat minim, karena pantai ini juga masih tergolong baru untuk umum, di lokasi pantai Tiga Warna tidak akan kita jumpai toilet atau tempat bilas, toilet atau tempat bilas ini bisa kita temui di sekitar pintu masuk utama Clungup Mangrove Conservation atau di sekitar pantai Clungup. Untuk warung juga hanya ada satu, itupun hanya menyediakan pop mie dan air minum saja.

Keunikan dan keistimewaan Pantai Tiga Warna di Malang

Pantai 3 Warna memiliki keunikan di warna airnya yang berbeda-beda karena adanya perbedaan kedalaman air laut, selain dari keunikan warna air yang berbeda dengan air laut yang bersih dan jernih, di pantai Tiga Warna ini para penggunjung juga disuguhkan dengan keindahan terumbu karang yang dapat dinikmati sepuasnya. Pantai Tiga warna merupakan salah satu Spot snorkeling di Malang walaupun tak seindah dengan keindahan pemandangan bawah laut saat Snorkeling di Karimun Jawa, namun keindahan bawah laut di pantai 3 Warna ini juga layak untuk dicoba.
Pantai 3 Warna di Malang - Jawa Timur
Serunya snorkeling di pantai Tiga Warna Malang

Keistimewaan dan keunikan lain saat berkunjung ke pantai Tiga Warna adalah penggunjung harus mendaftarkan diri di pintu masuk utama Clungup Mangrove Conservation, penggunjung akan di data dan di cek semua barang bawaanya seperti makanan, minuman, perlengkapan mandi, rokok dan sebagainya, intinya barang bawaan itu harus kembali komplit seperti sebelumnya setelah melakukan trekking, jadi ingat ya, makanan atau minuman termasuk pembungkusnya, yang merokok jangan buang puntungnya, semua harus tetap kita simpan dan kita tunjukkan ke petugas pengecekan setelah kita kembali dari trekking pantai. Jika ada barang bawaan kita yang berkurang, berarti kita telah membuangnya di lokasi pantai, dan jika hal ini terjadi maka kita akan mendapat denda dari petugas Clungup Mangrove Conservation pada saat pengecekan.
Pengecekan barang bawaan saat berangkat maupun pulang trekking dari pantai 3 Warna 

Cerita pengalaman berwisata trekking menikmati pantai Tiga Warna di Malang

Setelah mendaftarkan diri di petugas Clungup Mangrove Conservation dan mendapatkan guide untuk trekking, petualangan seru menuju pantai Tiga Warna dimulai. Saat itu Pak Pi'i menjadi guide buat rombongan saya, Pak Pi'i orangnya sangat sabar dan sangat tahu keinginan para rombongan trekking saat itu. Pada awal trekking atau perjalanan, guide akan menwarkan 2 pilihan, yaitu :

  1. Pilihan pertama langsung menuju pantai 3 Warna, jika memilih pilihan ini, guide akan memandu kita dari pintu masuk langsung menuju pantai Tiga Warna dengan jarak tempuh 30-45 menit berjalan kaki dengan melewati perkebunan dengan jalanan yang penuh pepohonan di sisi kanan kiri
  2. Pilihan kedua trekking pantai dengan menyusuri perbukitan yang melewati beberapa pantai dan pantai 3 Warna akan jadi rute terakhir. Jika memilih rute ini, perjalanan dari pintu masuk menuju pantai 3 Warna saat itu saya tempuh sekitar 2 jam, dengan berjalan santai sambil menikmati pemandangan pantai yang kita lewati. Jika memilih rute ini, kita akan menjumpai Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Savana, Pantai Mini, Pantai Batu Belah atau Pantai Batu Pecah dan yang terakhir Pantai Tiga Warna
Trekking menuju pantai 3 Warna di Malang

Saat itu rombongan saya lebih memilih pilihan yang kedua, panas terik matahari mengelilingi langkah saya dan rombongan saat itu, trekking dimulai pukul 11.00 siang saat sinar matahari lagi dahsyat-dahsyatnya, berkat hembusan angin pantai, trekking dengan naik turun perbukitan yang landai selama 2 jam hampir tidak terasa, sampailah kita di pantai Tiga Warna, pandangan pertama langsung tertuju di air pantai yang berwarna kebiruan dengan gradasi hijau tosca dengan air yang sangat jernih.
Pemandangan pantai Tiga Warna Malang dari atas bukit saat trekking

Jernihnya air di pantai Tiga Warna Malang

Tanpa membuang banyak waktu, akhirnya saya menikmati keindahan pantai ini, jepretan kamera aku arahkan ke hampir semua sisi pantai ini untuk menggambarkan keindahannya. Setelah puas mengambil foto-foto pantai, saya berlanjut menyewa alat snorkeling dengan harga sewa Rp. 15.000 per set.

Snorkeling di Pantai Tiga Warna Malang ini benar-benar pengalaman baru yang sangat seru, tempat ini adalah satu-satunya spot snorkeling di Malang dan merupakan salah satu Obyek Wisata di Jawa Timur. Setelah puas menikmati keindahan pantai 3 Warna dengan menyusuri tepian pantainya dan snorkeling, saatnya kembali menyusuri jalur trekking lagi. Untuk kembali ke pintu masuk utama Clungup Mangrove Conservation, saat itu guide menggunakan jalur bypass, yaitu jalur yang digunakan untuk pilihan pertama untuk kembali ke pintu masuk Clungup Mangrove Conservation.
Snorkeling di pantai Tiga Warna Malang

Saya sudah merasakan keindahan pantai Tiga Warna di Malang ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di Malang.

Aku dan pantai Tiga Warna

Bersantai di tepian pantai setelah snorkeling di pantai Tiga Warna Malang

Ramainya pengunjung di pantai Tiga Warna di Malang

Teman satu rombongan di pantai 3 Warna Malang

Pantai 3 Warna di Malang


6 Komentar Untuk "Pantai 3 Warna di Malang"

  1. Mantabs. Infonya sangat bagus dan bermanfaat. Salam kenal dari Sewa Mobil Malang Simpati 0821 41555 123

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses Gan, thanks sudah berkunjung di blog ini

      Delete
  2. alhamdulillah informasinya sangat membantu sekali untuk perjalanan saya ,sebelum berangkat ke lokasi wisata pantai bengkung dengan tman teman saya mengetahui info tentang pemandangan fasilitas yg ada di pantai bengkung ,trims gan ,sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah berkunjung ke blog ini, dan semoga informasi di blog ini bermanfaat bagi pengunjung blog.

      Delete
  3. Ini yang sedang saya cari soalnya kebetulan saya akan ke pantai pandawa Kutuh Bali berlibur

    ReplyDelete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini