poster

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Tempat Wisata di Yogyakarta bukan hanya menawarkan wisata budaya atau wisata sejarah berupa candi dan museum, Yogyakarta juga menawarkan wisata pantai layaknya Obyek Wisata di Pulau Dewata Bali. Deretan pantai indah tersebar di wilayah Gunung Kidul - Yogyakarta, salah satunya adalah pantai Indrayanti. Hal ini semakin memperkaya Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.
Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta, yaitu Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul Yogyakarta mempunyai nama asli Pantai Pulang Syawal atau disingkat pantai Pulsa, pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat menarik diantara sekian banyak pantai di wilayah Gunung Kidul - Yogyakarta. Penyebutan nama pantai Indrayanti sebelumnya mendapat banyak kontroversi, karena Indrayanti sebenarnya bukan nama pantai ini, melainkan nama dari salah satu cafe dan restaurant yang berada di pantai ini. Karena nama Indrayanti yang terpasang di papan nama cafe dan restaurant yang berada sangat dekat dengan pantai ini, maka banyak masyarakat yang menyebut nama pantai ini menjadi Pantai Indrayanti.
Restaurant Pantai Indrayanti

Letak, akses jalan atau rute menuju Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Lokasi pantai Pulang Sawal atau pantai Indrayanti terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur pantai Sundak dan pantai Somandeng. Pantai Indrayanti memang lagi fenomenal, saat ini sudah tidak susah untuk mencari rute ke pantai Indrayanti. Selain karena memang sudah terkenal, papan petunjuk juga memberikan arahan yang jelas. Dari Yogyakarta, ikuti saja jalan mengarah ke Wonosari, setelah melewati batas kota Yogyakarta - Gunung Kidul, tidak jauh dari situ ada rambu-rambu DLLAJ berwarna hijau menunjukkan arah belok kanan untuk menuju pantai Indrayanti. Dari loket retribusi kendaraan, jaraknya sekitar 9 km untuk sampai lokasi pantai.
Deretan payung pantai warna-warni di Pantai Indrayanti


Keunikan dan keistimewaan Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Pantai Indrayanti masih tergolong pantai baru di Gunung Kidul namun sudah dikelola dengan sangat baik, terbukti dengan tata letak cafe dan resto yang diatur sedemikian rupa sehingga menambah keindahan pantai ini di mata para pengunjung. Fasilitas yang cukup lengkap dari toilet, tempat parkir, penginapan hingga gasebo-gasebo nyaman yang menghadap ke laut juga menambah daya tarik pantai ini. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih terhampar sepanjang garis pesisir pantai yang pendek sekitar 250 m, jadi untuk menyusuri pantai ini dari  ujung sebelah barat ke ujung sebelah timur tidak membutuhkan waktu yang lama. Di sebelah barat dari pintu masuk pantai ini terdapat gunung batu karang yang cukup besar dan sangat menawan dan di baliknya juga terdapat pantai yang berpasir putih bersih terhampar indah dan menakjubkan.
Pengunjung menikmati Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Salah satu poin penting dari keindahan pantai Indrayanti adalah kebersihannya yang selalu terjaga. Pengelola menetapkan aturan bahwa siapapun yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pantai ini akan dikenakan denda Rp. 10.000. Aturan ini ternyata direspon baik oleh para wisatawan sehingga pantai ini tampak lebih terjaga kebersihannya.
Narsis foto bareng di salah satu sudut Pantai Indrayanti


Harga tiket masuk dan fasilitas Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Untuk memasuki area pantai di Gunung Kidul - Yogyakarta, kita harus membayar restribusi tiket sebesar Rp. 5.000, dan kita sudah bisa menikmati keindahan deretan pantai di Gunung Kidul seperti pantai Barin, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sunduk, Indrayanti dan Poktunggal. Di pantai Indrayanti, pengelolah sudah menyediakan fasilitas yang komplit seperti resto / cafe dan rumah makan, gardu pandang, tempat parkir, gazebo, tempat penjulan souvenir atau oleh - oleh.
Gazebo yang disewakan untuk pengunjung Pantai Indrayanti

Kios oleh-oleh atau souvenir di Pantai Indrayanti

Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta

Penginapan murah dekat pantai Indrayanti memang menjadi tempat yang paling dicari para wisatawan yang ingin bermalam di sekitar area pantai ini. Penginapan ini sebagian besar berkonsep back to nature. Jadi disini kita bisa bermalam dan menyatu di alam dengan tidur di sebuah rumah panggung atau sebuah gubug yang mirip honai (rumah adat Papua)

Berikut daftar penginapan atau hotel yang dekat dengan pantai Indarayanti :

  • Omah Suket, reservasi : 0821 352 55558 atau 0817 279 545
  • Joglo Watu Kelir, reservasi : 0819 0404 4481 atau 0823 2737 7377
  • Griya Kusuma Bamboo Lengkung, reservasi : 0813 2637 1994 atau 0813 9281 4301
  • Rock Garden Homestay, reservasi : 082 225 317 339


Saya sudah merasakan keindahan pantai Indrayanti di Yogyakarta ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di Yogyakarta.

Aku dan Pantai Indrayanti

Lifeguard ala baywatch di Pantai Indrayanti

Tempat parkir yang luas di Pantai Indrayanti 

Pengelolah merapikan pasir pantai di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal di Gunung Kidul - Yogyakarta

5 Komentar Untuk "Pantai Indrayanti di Gunung Kidul - Yogyakarta"

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini