poster

Pantai Sanur di Bali

Salah satu Tempat Wisata di Bali yang sangat cocok untuk liburan sekeluarga adalah Pantai Sanur, karena pantai ini mempunyai ombak yang cukup tenang, sehingga anak-anak bisa bermain dengan leluasa di pinggiran pantai namun tetap dalam pengawasan. Memang, mengulas Obyek Wisata di Bali tidak akan ada habisnya, banyak pilihan wisata yang bisa kita nikmati jika kita liburan di Pulau Dewata Bali ini, wisata pantai, wisata budaya, bahkan wisata kuliner, ataupun berburu cinderamata khas bali, bisa menjadi pilihan kita untuk menghabiskan liburan sekolah, liburan lebaran, liburan natal bahkan liburan akhir tahun bersama keluarga di Bali.
Pantai Sanur - Bali

Kali ini saya berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Bali, yaitu Pantai Sanur.

Pantai Sanur merupakan kawasan pengembangan wisata pertama kali di Bali, ditandai dengan hadirnya hotel-hotel berbintang serta berbagai macam restoran. Oleh sebab itu, kita tidak perlu khawatir jika membutuhkan penginapan atau tempat makan disekitar pantai ini. Pantai Sanur juga dikenal dengan sebutan sunrise beach atau pantai matahari terbit karena lokasinya yang sangat cocok untuk melihat panorama matahari terbit. Kebalikan dari Pantai Kuta yang lokasinya sangat cocok untuk melihat panorama matahari terbenam atau sunset beach.


Letak, akses jalan atau rute menuju Pantai Sanur di Bali

Pantai Sanur berlokasi di Desa Sanur, Denpasar - Bali, lebih tepatnya disebelah timur Kota Denpasar. Pantai Sanur berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Denpasar, sedangkan dari Bandara International Ngurah Rai hanya berjarak sekitar 20 km dan dapat di capai dengan taxi, kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 20 - 30 menit tergantung kondisi lalu lintas.
Sanur beach in Bali

Keunikan dan keistimewaan Pantai Sanur di Bali

Berbeda dengan Pantai Kuta yang menyajikan keindahan matahari terbenam (sunset), Pantai Sanur terkenal karena keindahan matahari terbit (sunrise). Topografi Pantai Sanur yang melengkung dengan hamparan pasir putih yang membentuk gugusan pantai yang elok. Di pagi hari, sambil menikmati detik-setik terbitnya matahari yang mempesona, wisatawan dapat menyaksikan gugusan pulau Nusa Penida di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan pulau Bali.

Selain untuk melihat sunrise, pantai sanur juga sering digunakan oleh para fotografer profesional untuk mengambil foto prewedding, dengan latar belakang matahari terbit serta perahu traditional nelayan yang berwana-warni. Hamparan pasir di Pantai Sanur berwarna putih serta memiliki ombak yang relatif cukup tenang, sehingga tidak cocok untuk berselancar. Namun sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak. Berbeda dengan Pantai Kuta yang ombaknya memang sangat cocok untuk berselancar baik dari tingkat pemula hingga profesional. Meski begitu, Pantai Sanur juga sangat cocok untuk kegiatan menyelam serta snorkeling mulai dari pemula hingga yang sudah profesional.
Foto dulu di Pantai Sanur - Bali

Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Sanur di Bali

Sebagai kawasan wisata yang sangat berkembang di Bali, kawasan wisata Sanur dibanjiri berbagai macam hotel, mulai hotel atau penginapan murah ataupun hotel mewah berbintang, seperti Inna Grand Bali Beach Hotel, Fairmont Sanur Beach Bali, Sanur Paradise Plaza Suites dan masih banyak lagi. Untuk informasi hotel dikawasan Sanur Bali bisa di cek di situs penyedia online booking hotel seperti www.agoda.com atau www.booking.com ataupun www.traveloka.com

Harga tiket masuk dan fasilitas Pantai Sanur di Bali

Tidak ada biaya masuk untuk memasuki kawasan wisata Pantai Sanur, pengunjung hanya membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor.
Tiket parkir Pantai Sanur - Bali
Tempat Parkir sepeda motor di Pantai Sanur - Bali

Fasilitas di kawasan Pantai Sanur ini tergolong sangat lengkap, mulai dari warung makan, bar, cafe hingga restoran banyak terdapat disini. Selain itu juga terdapat toko souvenir tempat untuk membeli cinderamata ataupun baju khas Bali. Di kawasan pantai ini juga terdapat semacam jalan bagi para pejalan kaki, jalan tersebut biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk jogging maupun bersepeda santai. Selain menawarkan pemandangan yang indah, Pantai Sanur juga berfungsi sebagai akses untuk menuju ke Pulau Nusa Lembongan serta Nusa Penida.
Boat untuk menyebarang ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida di Pantai Sanur - Bali

Boat ataupun kapal selalu standby di tepian Pantai Sanur untuk menggantarkan wisatawan menyebrang ke Nusa Lembongan ataupun ke Nusa Penida di jam-jam keberangkatan tertentu. Tempat duduk untuk menunggu penyebrangan juga terlihat tertata rapi di tepian pantai.

Cerita pengalaman berwisata menikmati Pantai Sanur di Bali

Setelah bersepeda motor sekitar 30 menit dari hotel di kawasan Pantai Kuta, akhirnya sampai juga di Pantai Sanur, motor pun saya parkirkan dengan membayar Rp. 2.000, hamparan Pantai Sanur dengan pasir putihnya sudah terlihat hanya dengan berjalan kaki beberapa meter dari tempat parkir motor. Pandangan pertama langsung tertuju ke tumpukan batu di tepi pantai yang menjorok ke arah laut yang ujungnya terdapat gazebo untuk menikmati panorama pantai ini. Saya sempat mencoba duduk di gazebo tersebut, dan hembusan angin pantai sangat terasa saat itu.
Gazebo di tepi Pantai Sanur - Bali

Setelah puas membuang waktu di gazebo tersebut, saya lanjut berjalan kaki menyusuri tepian Pantai Sanur dengan berpijak pasir putih di pantai ini. Deretan penjual makanan dan souvenir berjejer rapi terlihat dari kejauhan. Tak lupa kamera aku mainkan untuk mengabadikan keindahan Pantai Sanur kala itu. Beberapa kali ke Pantai Sanur selalu saat siang ataupun sore hari, jadi belum sempat menikmati pagi hari di Pantai Sanur dengan keindahan sunrise nya.

Suasana Pantai Sanur sangat tenang dan sepi seperti biasanya, tidak seperti Pantai Kuta, Pantai Padang-Padang ataupun Pantai Dreamland yang selalu padat pengunjung. Bisa jadi Pantai Sanur merupakan salah satu pantai yang sangat sepi dengan suasana tenang di Pulau Bali. Meskipun sepi, Pantai Sanur tetap menjadi favorit bagi wisatawan yang tidak terlalu suka keramaian, terbukti ada beberapa wisatawan asing yang berjemur di tepian pantai.
Wisatawan menikmati Pantai Sanur - Bali

Langkah kaki terus berjalan, terlihat juga saat itu deretan tempat duduk menunggu boat bagi para wisatawan yang akan menyebarang ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Setelah puas menikmati keindahan Pantai Sanur, saya menyempatkan istirahat sejenak di antara pohon rindang di area belakang Hotel Inna Grand Bali Beach sambil menikmati angin yang berhembus dengan lembut sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat menarik lainnya di Pulau Bali.
Tempat menunggu untuk menyebrang ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida di Pantai Sanur - Bali

Saya sudah meraskan keindahan Pantai Sanur di Bali ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, Selamat berlibur di Bali.
Toko souvenir di Pantai Sanur - Bali

Wajah lelahku di Pantai Sanur - Bali

Pantai Sanur - Bali yang sangat tenang dan sepi

Kapal-kapal di Pantai Sanur - Bali

Pantai Sanur di Bali










2 Komentar Untuk "Pantai Sanur di Bali"

  1. Replies
    1. Sama-sama Bang Firman, thanks sudah berkunjung di blog ini.

      Delete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini