poster

Tempat Wisata di Belitung

Propinsi Bangka Belitung mempunyai 2 pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya. Pulau Bangka maupun Pulau Belitung mempunyai keindahan alam yang luar biasa yang bisa dijadikan destinasi liburan Anda. Untuk menuju Pulau Bangka bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang - Bangka, sedangkan untuk menuju Pulau Belitung bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan - Belitung, awas jangan sampai salah booking tiket dan salah bandara ya !!, karena kalau mau ke Pulau Bangka atau Pulau Belitung bandaranya berbeda.
Tempat wisata di Belitung

Kesuksesan Film Laskar Pelangi yang di sutradarai oleh Riri Riza, juga berdampak positip bagi industri wisata di Pulau Belitung, hal ini dikarenakan sebagian besar lokasi syuting film ini berada di pulau tersebut. Pulau Belitung atau biasa di sebut Negeri Laskar Pelangi adalah pulau yang sangat indah dan mempunyai sejuta pesona alam yang menakjubkan. Keindahan alam Belitung tak diragukan lagi, terutama pantainya yang mempunyai ciri khas tersendiri berupa deretan batu granit bermacam ukuran yang tersebar di tepian pantainya yang sulit ditemukan di tempat lain.

Selain pantai, Tempat Wisata di Belitung masih menyimpan segudang obyek wisata yang menakjubkan seperti beberapa pulau kecil yang menawan disekitar perairan Belitung, berikut adalah daftar beberapa Obyek Wisata di Belitung yang paling sering dikunjungi :


1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah pulau kecil yang terletak di arah utara Desa Tanjung Binga - Belitung. Daya tarik utama dari pulau ini adalah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda yang hingga saat ini mercusuar tersebut tetap berdiri kokoh dan bisa dinaiki para pengunjung untuk melihat perairan disekitar Pulau Lengkuas. Di sekitar pulau, terdapat banyak batu-batu granit bermacam ukuran yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2 m. Struktur batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat lain, dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan kelapa di tepian pantainya. Air lautnya benar-benar jernih, Anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut yang dangkal menyaksikan ikan-ikan yang berenang dengan bebasnya. Pulau ini adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk bermain air ataupun snorkeling di Belitung.
Pulau Lengkuas - Belitung

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, sekitar 27 km dari Tanjung Pandan, Ibukota Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu tempat wisata di Belitung yang mempunyai pesisir pantai sepanjang hampir 1.5 km dengan pasir pantai yang sangat lembut dan berwarna putih, laut biru yang tenang serta panorama pohon kelapa di sepanjang pesisir pantainya. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu gerbang untuk wisata dari pulau ke pulau di Belitung, karena di pantai ini terdapat banyak perahu atau kapal yang disewakan untuk explore perairan di Belitung.
Pantai Tanjung Kelayang - Belitung

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi berlokasi tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu lokasi syuting pembuatan film fenomenal Laskar Pelangi yang diangkat dari novel besutan Andre Hirata. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda bisa mencoba merasakan sensasi berjalan atau berlarian diantara bebatuan granit layaknya adegan film Laskar Pelangi tersebut. Bebatuan granit di pantai ini sungguh berukuran sangat besar, kalau kita berdiri diantaranya seolah-olah kita terlihat sangat kecil diantara tumpukan bebatuan. Sedangkan untuk pantai dan air lautnya sama seperti pantai di Belitung yang lain, pasir pantai yang lembut dan berwarna putih dan berair jernih dengan gradasi hijau kebiruan.
Pantai Tanjung Tinggi - Belitung

4. Pulau Babi

Pulau Babi di Belitung merupakan salah satu pulau eksotik yang bisa menjadi tujuan wajib saat Anda berkunjung untuk menikmati alam Belitung. Dengan pasirnya yang berwarna putih lembut, pohon kelapa yang berjejer, bebatuan granit yang seakan tertata rapih di tepian pantai, serta air pantainya yang sangat tenang, membuat Pulau Babi menjadi tempat terbaik untuk menyegarkan pikiran dan melupakan rutinitas untuk sementara. Bagi Anda yang mempunyai kegemaran photography, Pulau Babi merupakan tempat yang cocok untuk meng-explore kamera Anda untuk keperluan photography selama di Belitung.
Pulau Babi - Belitung

5. Pulau Burung

Pulau Burung di Belitung terkenal dengan adanya tumpukan bebatuan granit yang menyerupai kepala burung yang terletak tidak jauh dari bibir pantai di pulau ini. Pulau Burung terletak tidak jauh dari lokasi Pulau Lengkuas yang sudah menjadi icon wisata Pulau Belitung. Suasana di pulau ini juga sangat tenang dan sangat cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran ataupun berbasah-basahan di tepian pantainya. Deretan pepohonan ditepian pantai membuat kita bisa merasa nyaman karena hawa sejuk dan duduk santai di tepi pantainya.
Pulau Burung - Belitung


6. Bukit Berahu


Pantai Bukit Berahu terletak di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk - Belitung, atau sekitar 18 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Untuk mencapai bibir pantai yang berada di kaki bukit, Anda harus berjalan turun menuruni undakan dengan pintu masuk melalui Hotel Bukit Berahu. Pantai ini sangat sepi pengunjung, jika Anda berkunjung ke pantai ini seolah berada di pantai pribadi milik Anda sendiri.
Pemandangan dari Hotel Bukit Berahu - Belitung

7. Replika SD Laskar Pelangi

Bangunan SD Laskar Pelangi di Belitung merupakan replika SD Muhammadiyah Gantong yang dibangun dalam rangka syuting film Laskar Pelangi. Terletak diatas bukit pasir dan dekat dengan danau yang kayu-kayunya sudah lapuk membuat tempat ini menjadi sangat eksotis. Efek kuno pun terlihat jelas dari dua kayu penyangga bangunan, atap bocor sana-sini dan dinding kayu yang berlubang. Lokasinya sangat jauh dari pusat kota Tanjung Pandan, berjarak sekitar 2 jam perjalanan lebih untuk bisa sampai di lokasi SD Laskar Pelangi ini.
Replika SD Laskar Pelangi - Belitung

Dan masih banyak lagi Obyek Wisata di Belitung yang bisa Anda kunjungi saat Anda berkunjung ke Belitung, selamat berlibur di Belitung !!







4 Komentar Untuk "Tempat Wisata di Belitung"

  1. mau mendapatkan uang lebih setiap hari, dengan cara yang mudah saja
    di donacopoker kamu bisa bermain game dan mendapatkan uang jutaan rupiah
    tunggu apalai gabung sekarang juga
    Agen judi online Donacopoker
    daftar Donacopoker
    donacpoker
    bandar qq donacopoker
    jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281298526483

    ReplyDelete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini