poster

Tempat Wisata di Jawa Timur

Jawa Timur termasuk daerah paling padat di Pulau Jawa. Propinsi ini memiliki pesona wisata yang unik dan lengkap sehingga bisa memikat Anda untuk segera berkunjung. Tempat Wisata di Jawa Timur diantaranya berupa wisata alam, wisata pantai, wisata gunung, wisata belanja, wisata pendidikan, wisata seni dan budaya, bahkan wisata bahari.
tempat wisata di jawa timur
Obyek wisata di Jawa Timur

Obyek Wisata di Jawa Timur tersebar di berbagai kota di propinsi ini, diantaranya di Kota Batu memiliki kegiatan wisata petik apel dan tempat rekreasi keluarga Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Di Kabupaten Malang Anda bisa menikmati air terjun atau pantainya yang indah. Kawah Ijen atau Ijen Crater dapat dikunjungi dari 2 daerah, yaitu dari Kabupaten Banyuwangi atau Kabupaten Bondowoso. Berwisata bahari di Kota Lamongan dan Telaga Sarangan di Magetan, serta masih banyak lagi tempat wisat lainnya yang membuat Jawa Timur begitu mengesankan sebagai tujuan wisata keluarga maupun petualangan.

Bagi pecinta wisata belanja, Anda bisa mengunjungi obyek wisata Intako, yaitu tempat industri tas, koper dan kerajinan kulit khas Tanggulangin di Kota Sidoarjo. serta jangan lewatkan untuk menikmati pesona alam Taman Nasional Gunung Semeru dan Gunung Bromo yang bisa diakses dari 4 Kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Untuk menikmati wisata di Jawa Timur ini, akses transportasi yang bisa di gunakan bisa melalui jalur udara dengan tujuan Bandara International Juanda di Surabaya sehingga dari mana pun Anda berangkat akan dengan mudah untuk sampai di tujuan. Selain di Surabaya, bandara di Jawa Timur juga terdapat di Kota Malang, Jember dan Banyuwangi. Sebagian besar obyek wisata di Jawa Timur juga dengan mudah diakses menggunakan mobil pribadi, sepeda motor bahkan angkutan umum.

Begitu banyak obyek wisata di Jawa Timur, berikut beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang paling populer :

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan air laut dan berada di 4 wilayah pemerintahan di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Bromo merupakan gunung berapi paling aktif dan paling terkenal dan menjadi icon wisata di Jawa Timur. Wisata Gunung Bromo terkenal dengan sunrise nya yang memukau serta kawah yang selalu mengeluarkan asap berbau belerang. Hal inilah yang menarik dari obyek wisata Gunung Bromo, karena ketika berwisata di lokasi Gunung Bromo kita tidak hanya menikmati gunung saja, kita juga bisa menikmati panorama alam disekitar Gunung Bromo dengan hamparan pasirnya yang sangat luas.
gunung bromo
Gunung Bromo

2. Kawah Ijen

Gunung Ijen atau lebih terkenal dengan Kawah Ijen merupakan salah satu gunung yang aktif di Jawa Timur. memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdidnding kaldera setinggi 300 - 500 m. Kawasan ini bisa diakses melalui Kota Bondowoso dan Banyuwangi. Di lokasi ini terdapat pertambangan belerang, hal ini mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. Saat berada di kawsan Kawah Ijen, pengunjung bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di tubuh mereka, menyusuri jalanan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya.
kawah ijen
Kawah Ijen atau Ijen Crater


3. Jatim Park 1 dan Jatim Park 2

Jatim Park 1 mertupakan obyek wisata di Jawa Timur yang memadukan secara serasi antara konsep pendidikan (education) dan konsep pariwisata (tourism) dalam satu ruang dan waktu. Lokasinya terletak di Jalan Kartika no 2 Kota Batu serta berada di lereng timur Gunung Panderman dalam area + 11 hektar dan 850 m diatas permukaan laut. Pengunjung dapat merasakan kesejukan, kenyamanan dan keindahan panorama pegunungan yang menjadi latar belakang Jawa Timur Park 1 ini. Ditempat ini anda bisa menikmati waterboom dan kolam renang untuk berolah raga atau sekedar bermain air. Tidak hanya itu, berbagai wahana permainan bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga disini.
jatim park 1
Jatim Park 2

Jatim Park 2 lebih ngetop dengan sebutan Batu Secret Zoo, karena hiburan utama tempat ini adalah kebun binatangnya yang dikonsep secara modern. Padahal pada kenyataanya Jatim Park 2 meliputi 3 tempat yaitu, Secret Zoo, Hotel Pohon Inn dan Museum Satwa. Tentu saja yang menjadi tujuan wisata yaitu Secret Zoo dan Museum Satwa, sedangkan Hotel Pohon Inn dapat menjadi pilihan bermalam dikawasan ini.

4. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah adalah pulau berbentuk bukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang kurang lebih 3 km. Pantai Pulau Merah terletak sekitar 60 km dari Kota Banyuwangi kearah selatan, pantai ini memiliki ombak yang bagus untuk surfing. Ketika laut surut, para pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki menikmati keunikan gunung kecil yang berada di tengah pantai yang warna tanahnya berwarna merah, karena itu dinamakan Pantai Pulau Merah.
pantai pulau merah banyuwangi
Pantai Pulau Merah

5. Tanjung Papuma

Salah satu tujuan wisata pantai di pesisir selatan jawa yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan adalah Tanjung Papuma yang terletak di Kabupaten Jember - Jawa Timur. Di sepanjang jalan menuju pantai ini kita dapat menyaksikan hijaunya sawah ladang masyarakat setempat. Anda tidak perlu khawatir akses jalan menuju pantai ini karena akses jalan sudah dibangun dengan cukup nyaman untuk dilalui dengan kendaraan pribadi atau pun sepeda motor. Tanjung Papuma adalah pantai dengan pemandangan laut yang mempesona dan memiliki ombak yang lumayan tinggi.
tanjung papuma jember
Tanjung Papuma

6. Pulau Sempu

Pulau Sempu dengan Segara Anakan terletak di Sumbermanjing Kabupaten Malang, pulau ini mempunyai keindahan pantai dengan suasana yang masih menyatu dengan alam. Pasir putih yang lembut saat bersentuhan dengan kaki, jernihnya air dengan perpaduan warna biru dan hijau membuat kita dimanjakan oleh keindahan salah satu pantai yang berada di kota apel ini.
pulau sempu
Pulau Sempu

7. Gunung Kelud

Gunung Kelud yang berada di Kediri - Jawa Timur, merupakan gunung berapi yang masih aktif. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Kediri. Selain panorama alam yang sangat indah, gunung ini terkenal juga dengan suguhan 3 puncak gunungnya, yaitu puncak Gajah Mungkur, puncak Kelud dan puncak Sumbing.
gunung kelud
Gunung Kelud

8. Air Terjun Cuban Pelangi

Cuban Pelangi atau air terjun pelangi adalah salah satu wilayah konversi alam dibawah perlindungan Perum Perhutani dan berjarak 10 km dari Kecamatan Tumpang dan 32 km dari Kota Malang. Air terjun ini berada di daerah pegunungan yang terjal dan berliku.
cuban pelangi waterfall
Air terjun Cuban Pelangi


9. Air Terjun Madakaripura

Obyek wisata Air Terjun Madakaripura berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang. Lokasi air terjun ini juga tidak jauh dari lautan pasir Gunung Bromo atau berjarak sekitar 45 menit perjalanan dari lokasi Gunung Bromo.Menurut penduduk setempat, nama air terjun ini diambil dari cerita pada jaman dahulu, konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di air terjun ini.
air terjun madakaripura
Air terjun Madakaripura


10. Pantai Klayar

Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorejo, sekitar 40 km ke arah barat Kota Pacitan dan dapat dicapai sekitar 60 menit dari Kota Pacitan. Pantai Klayar merupakan pantai eksotis dengan hamparan pasir putih, batu karang yang meyerupai patung Sphinx di Mesir, seruling samudera dan air mancur alami setinggi 10 m. Perjalanan menuju ke Pantai Klayar adalah sebuah tantangan bagi mereka yang suka dengan kegiatan luar ruangan karena jalanan yang berkelak - kelok melintasi perbukitan dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar, namun demikian keindahan perbukitan dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.
pantai klayar pacitan
Pantai Klayar

Dan masih banyak lagi pilihan tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Anda pilih jika berkunjung di Propinsi ini, selamat berlibur di Propinsi Jawa Timur.

7 Komentar Untuk "Tempat Wisata di Jawa Timur"

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini