banner

Pantai Klayar di Pacitan - Jawa Timur

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang mempunyai beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi. Tempat Wisata di Pacitan dengan pesona keindahannya akan menjadi magnet untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. Keindahan alam Pacitan dengan beberapa goanya, seperti goa Gong, goa Tabuhan, dan beberapa goa yang lain membuat kota Pacitan terkenal dengan sebutan kota seribu satu goa. Pacitan juga mempunyai beberapa pantai cantik berpasir putih yang bisa membuat para pecinta pantai berbondong-bondong berkunjung ke Pacitan untuk menikmati keindahan pantainya.
Pantai Klayar di Pacitan

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Pacitan, yaitu pantai Klayar

Pantai di Pacitan antara lain, Pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Banyu Tibo, Pantai Teleng Ria, Pantai Buyutan, Pantai Soge, Pantai Taman, dan Pantai Klayar yang menjadi primadona dan dijadikan tujuan terfavorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. Lihat video di Youtube Arno Channel berikut untuk detailnya.


Klayar beach in Pacitan, East Java - Indonesia

Pantai Klayar merupakan salah satu icon wisata bagi kota Pacitan, pantai ini jadi sangat terkenal setara dengan pantai Teleng Ria yang sebelumnya sudah menjadi favorit bagi warga Pacitan karena lokasi pantai Teleng Ria yang berada di tengah kota, sedangkan pantai Klayar sangat jauh dari pusat kota dan sangat ramai pengunjung disaat hari libur atau weekend


Letak, akses jalan atau rute menuju Pantai Klayar di Pacitan

Lokasi pantai Klayar berada di desa Kalak, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan - Jawa Timur, jaraknya sekitar 40 km sebelah barat dari pusat kota Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam, atau sekitar 110 km dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Jalur menuju pantai Klayar sangat menantang dengan kondisi jalan yang berkelok - kelok naik turun perbukitan dan kondisi jalan yang sangat sempit untuk dilalui 2 kendaraan mobil yang yang saling berpapasan. Tidak ada angkutan umum yang melalui rute menuju pantai ini, jadi sangat disarankan untuk menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor untuk sampai di pantai Klayar. Kendaraan bus sangat tidak disarankan karena sempitnya jalan menuju pantai.

Rute jalan dari kota Surabaya menuju pantai Klayar di Pacitan bisa menggunakan jalur antar kota Surabaya - Mojokerto - Jombang - Kediri - Tulungagung - Trenggalek - Ponorogo - Pacitan dengan jarak tempuh lebih dari 8 jam. Sedangkan rute jalan dari kota Yogyakarta menuju pantai Klayar di Pacitan bisa menggunakan jalur Yogyakarta - Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Punung - Pantai Klayar dengan jarak tempuh sekitar 3 jam


Keunikan dan keistimewaan Pantai Klayar di Pacitan

Keindahan pantai Klayar memang tidak diragukan lagi, sebelum sampai di lokasi pantai, mata kita sudah dimanjakan dengan pemandangan khas perbukitan dengan hiasan pohon kelapa yang berjejer ditepian jalan. bahkan sesaat sebelum sampai di lokasi pantai, pemandangan pantai Klayar terlihat begitu indah dari atas sewaktu melewati jalanan menurun menuju pantai (lihat foto dibawah ini)
Pantai Klayar terlihat dari kejauhan sebelum sampai di lokasi pantai

Hamparan pasir putih halus yang membentang luas menjadi nilai lebih saat kita menikmati pantai ini. Pantai Klayar berbatas tebing tinggi di sisi kanan dan kirinya, jika kita menyusuri pantai ke arah kiri sampai ujung, kita akan menemukan batas tebing dengan kumpulan bebatuan atau karang menjulang tinggi yang membentuk formasi seperti patung Sphinx di Mesir jika dilihat dari kejauhan, dan disekitar lokasi ini pula terdapat seruling samudera yang menjadi ciri khas pantai Klayar di Pacitan ini. Seruling samudera adalah fenomena dimana terdapat cekungan yang ada dibagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai, saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut akan menyembur ke permukaan melalui celah-celah bebatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana seruling



Tebing dan bebatuan yang menyerupai patung Sphinx di pantai Klayar

Kita juga bisa naik ke perbukitan untuk melihat keindahan pantai Klayar dari atas bukit, tidak terlalu susah untuk naik ke atas bukit karena jalan setapak sudah dibuat untuk memudahkan kita naik ke atas perbukitan. Setelah sampai atas, pemandangan pantai Klayar begitu woooww..... indah sekali, terlihat laut lepas berwarna biru dengan gulungan ombak yang menepi ke pantai, hamparan pasir pantai terlihat putih bersih, dan para pengunjung terlihat sangat kecil dari kejauhan, bahkan jika kita beruntung bisa menyaksikan hempasan ombak yang mengehempas karang dan menciptakan bunyi seruling samudera.
Indahnya pantai Klayar dilihat dari atas perbukitan

Harga tiket masuk dan fasilitas Pantai Klayar di Pacitan

Tiket masuk ke pantai Klayar hanya Ro. 3.000 perorang, dengan membayar tiket tersebut kita sudah bisa menikmati keindahan pantai yang ada di Pacitan ini. Sedangkan untuk fasilitas di pantai Klayar, pengelolah sudah menyiapkan lahan parkir yang lumayan luas untuk menampung kendaraan pengunjung, warung-warung kecil di pinggir pantai juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengunjung untuk makan dan minum, toilet untuk bilas atau ganti pakaian juga dengan mudah kita jumpai, sedangkan untuk penginapan atau hotel masih sangat terbatas di lokasi pantai ini, sebagai alternatif penginapan atau hotel jika kita memutuskan bermalam di Pacitan, kita bisa menyewa penginapan atau hotel di pusat kota Pacitan.
Tiket masuk ke pantai Klayar di Pacitan

Deretan warung di tepi pantai Klayar - Pacitan

Cerita pengalaman berwisata menikmati Pantai Klayar di Pacitan

Terhitung dua kali saya berkunjung ke pantai Klayar di Pacitan ini, yang pertama disaat musim hujan dengan mengendarai sepeda motor dari Surabaya - Pacitan, berangkat dari Surabaya sekitar jam 12 malam dan sampai di lokasi pantai Klayar sekitar jam 10 pagi, perjalanan yang sangat melelahkan namun penuh dengan pengalaman. Kunjungan pertama di pantai Klayar saat musim hujan ini kurang maksimal untuk mendapatkan foto-foto terbaik pemandangan di pantai Klayar, karena beberapa saat setelah sampai lokasi pantai, hujan turun dengan derasnya, dan setelah hujan reda, dominasi awan hitam mendung masih menyelimuti pemandangan di area sekitar pantai, jadi kurang bagus untuk berburu foto di pantai Klayar saat itu.

Karena kurang maksimal di kunjungan pertama, akhirnya saya atur ulang waktu untuk liburan ke pantai Klayar, kali ini dengan beberapa teman dengan hobby yang sama yaitu berburu photography di pantai Klayar Pacitan disaat musim panas dan patungan untuk menyewa mobil menuju pantai Klayar dari Surabaya.

Berangkat dari Surabaya sekitar jam 7 malam dengan berhenti beberapa kali di SPBU dan warung-warung pinggir jalan, akhirnya sampai juga di pusat kota Pacitan sekitar jam 4 pagi, untuk menghilangkan rasa lelah dan mengantuk, kita memutuskan istirahat di SPBU sambil tiduran sejenak di dalam mobil sambil menunggu pagi hari. Jam 6 pagi perjalanan di lanjutkan menuju lokasi pantai, rasa tidak sabar untuk melihat keindahan pantai Klayar lagi sudah tidak bisa dibendung. Setelah menempuh perjalanan naik turun perbukitan dan jalan berkelok-kelok yang sedikit membuat kepala pusing dan perut mual, akhirnya sampai juga di lokasi yang di tuju, selamat datang di pantai Klayar Pacitan !!!
Laut dan langit biru di pantai Klayar - Pacitan

Cuaca saat itu sangat mendukung, matahari bersinar terang, laut dan langit kompakan berwarna biru cerah berhias awan putih, sempurna untuk segera mengabadikan keindahan alam saat itu dalam jepretan kamera. Tanpa buang banyak waktu, kamera langsung aku mainkan untuk mengambil landscape pantai Klayar dari berbagai sudut, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, mulai dari tepian pantai, deretan batu karang, pasir putih, deretan warung pinggir pantainya, sampai naik ke atas perbukitan demi dapat hasil foto terbaik di pantai Klayar. Setelah puas mengambil foto, sekarang giliran istirahat di warung tepi pantai sambil menikmati sarapan pagi yang tertunda dengan suguhan kelapa muda untuk menambah kesegaran setelah panas-panasan di pantai.
Ombak besar di pantai Klayar - Pacitan

Sebenarnya ingin sekali mainan air pantai dan basah-basahan saat itu, karena ombak sangat besar jadi pengunjung dilarang mendekati atau bermain di tepi pantai karena resiko terseret ombak.

Saya sudah merasakan keindahan pantai Klayar di Pacitan ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di kota Pacitan.
Pantai Klayar terlihat dari kejauhan dari atas bukit

Tebing dan laut lepas di pantai Klayar - Pacitan

Aku dan pantai Klayar

Pengunjung pantai Klayar di Pacitan

Pemandangan pantai Klayar dari atas bukit

Pantai Klayar ... salah satu obyek wisata di Pacitan


15 Komentar Untuk "Pantai Klayar di Pacitan - Jawa Timur"

  1. Objek Wisata Pantai Klayar Pacitan memang Indah, cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur dan menghilangkan kepenatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, thanks sudah berkunjung di blog ini, siap kunjungan balik

      Delete
  2. alhamdulillah informasinya sangat membntu sekali untuk saya dan tema teman saya sebelu berlibur di pantai klayar ,dan mengetahui info tentang pemandangannya dan fasilitas yang ada disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau informasinya bermanfaat, thanks ya sudah berkunjung di blog ini dan sorry for late reply

      Delete
  3. Ada niatan untuk ke pantai klayar.. Tapi masi cari info. Untuk akses ke pantai klayar.nya bud mini apa bisa masuk ya.. Atau perlu oper lagi.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry telat balasnya, rasanya untuk bus mini masuk ke lokasi ini masih sulit karena jalannya masih terlalu sempit untuk dilalui bus mini

      Delete
    2. Sekarang sudah bisa mbak.. Jalannya sudah lebar..

      Delete
    3. Thanks Mas Anggara untuk update infonya

      Delete
  4. Jangan ketinggalan..
    Sunsetnya juga keren hlo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ... perlu dicoba nih lihat sunset di pantai Klayar, beberapa kali berkunjung kesana selalu pagi dan siang hari tidak sampai sore untuk lihat sunset

      Delete
  5. Mau tanya akses jalan menuju pantai klayar dan goa gong apa bisa masuk bus besar. Thanks infonya

    ReplyDelete
  6. Mau tanya akses jalan menuju pantai klayar dan goa gong apa bisa masuk bus besar. Thanks infonya

    ReplyDelete
  7. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete
  8. Table Games at Mohegan Sun | Casino Tournaments
    Table Games at Mohegan Sun 원피스 바카라 | Casino Tournaments. club w88 We'll also bring you the 먹튀검증사이트 latest table games at a variety 인터넷바카라 of casinos 바카라게임사이트 around the globe.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar atau saran tentang artikel ini