banner

Gili Trawangan di Lombok

Berwisata di pulau Gili Trawangan terkenal dengan kebersihan pantainya, lokasinya yang bebas dari polusi kendaraan bermotor, dan memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Berlibur di Lombok seakan belum lengkap jika belum berkunjung ke pulau Gili Trawangan. Air laut di pulau ini begitu jernih, dengan gradasi warna biru kehijauan yang menghiasi lautnya. Karena airnya begitu jernih, Anda pun bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar tanpa harus menyelam.

Gili Trawangan merupakan salah satu Obyek Wisata di Pulau Lombok dan salah satu bagian dari 3 Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Gili Trawangan merupakan pulau paling besar dan paling ramai dikunjungi wisatawan dari 3 Gili tersebut. Pulau ini terpisah dengan pulau utama Lombok, jadi untuk menuju ke pulau ini bisa menggunakan perahu atau speed boat dari pelabuhan di pulau Lombok.
3 Gili ... Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan terlihat sebelum mendarat di bandara Lombok

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi pulau Gili Trawangan di Lombok

Pulau Gili Trawangan menjadi tempat wisata di pulau Lombok yang menjadi tujuan para wisatawan asing selain Bali. banyak turis asing yang berkunjung ke Gili Trawangan di Lombok setelah mereka berlibur di Bali atau sebelum ke Bali. Setelah beberapa kali saya berkunjung ke Gili Trawangan, bisa saya simpulkan kalau wisatawan asing lebih mendominasi dan lebih banyak dibandingkan wisatawan lokal.
Wisatawan asing menikmati suasana di Gili Trawangan

Letak, akses jalan atau rute menuju Gili Trawangan di Lombok

Untuk ke Gili Trawangan kita akan melewati tempat wisata terkenal lainnya di Lombok, yaitu pantai Senggigi dan Bukit Malimbu. Untuk menuju ke obyek wisata Gili Trawangan tersebut tidaklah sulit. Bila kita naik pesawat, sesampai di bandara International Lombok Praya, berbagai alternatif kendaraan bisa dipilih untuk melanjutkan perjalanan, mulai jasa travel, taxi bandara sampai bus Damri. Beberapa kali ke Lombok, saya selalu pakai bus Damri untuk melanjutkan perjalanan ke Senggigi dari bandara International Lombok, dilanjutkan dengan menyewa sepeda motor di Senggigi untuk ke Gili Trawangan

Bus Damri dari bandara International Lombok Praya melayani rute ke terminal di kota Mataram dan pusat wisata Senggigi (dalam satu rute), tarif bus Damri dari bandara International Lombok Praya ke Senggigi sekitar Rp. 30.000 perorang dengan jarak tempuh sekitar 1.5 sampai dengan 2 jam.

Setelah sampai di Senggigi dengan menggunakan bus, kita bisa memilih alternatif kendaraan untuk melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan. Di Senggigi, banyak biro perjalanan yang menawarkan jasa untuk ke Gili Trawangan, mulai paket kendaraan dan akomodasi kapal untuk menyebrang ke pulau Gili Trawangan. Kali ini saya memilih menyewa sepeda motor dengan biaya Rp. 50.000 perhari untuk melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan. Rental motor atau mobil banyak bertebaran di sekitar jalan raya Senggigi.
Pelabuhan Bangsal

Dari Senggigi menuju ke Gili Trawangan, sebenarnya ada 2 pelabuhan yang bisa digunakan untuk menyebrang ke Gili Trawangan, yaitu pelabuhan teluk Kodek dan pelabuhan Bangsal. Pelabuhan teluk kodek jika kita menyebrang menggunakan speedboat dengan biaya mahal, sedangkan pelabuhan Bangsal adalah pelabuhan penyebrangan reguler yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar dari dan menuju Gili, baik itu Gili Meno, Gili Air maupun Gili Trawangan dengan biaya penyebrangan yang murah. Jadi pastilah saya memilih pelabuhan Bangsal untuk menyebrang.

Dari Senggigi saya menuju pelabuhan Bangsal sekitar pukul 6 pagi, memerlukan waktu sekitar 30 - 45 menit dari Senggigi untuk sampai ke pelabuhan Bangsal, selama hampir 45 menit perjalanan itu kita bisa menikmati panorama alam pulau Lombok berupa jalan raya yang langsung berbatasan langsung dengan pantai. Sesampai di pelabuhan Bangsal, sepeda motor yang saya pakai saya titipkan di penitipan sepeda motor di sekitar pelabuhan Bangsal, dan jangan lupa membeli tiket kapal untuk menyebrang. Tiket kapal bisa dibeli di loket pelabuhan Bangsal dengan harga Rp. 15.000 perorang. Jangan salah beli tiket ya, karena pengelolah menjual tiket penyebrangan bukan hanya ke Gili Trawangan, tetapi juga menjual tiket penyebrangan ke Gili Air dan Gili Meno. Setelah dapat tiket, kita tinggal menunggu giliran untuk naik ke kapal dan menyebrang ke Gili Trawangan sekitar 30 - 45 menit.
Penitipan sepeda motor di sekitar pelabuhan Bangsal

Harga tiket penyebrangan ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno

Penginapan atau hotel di Gili Trawangan - Lombok

Kebetulan selama berwisata di Lombok, saya selalu memilih hotel di daerah Senggigi, jadi untuk pertimbangan sebelum ke Gili Trawangan, lebih baik setelah sampai di Senggigi tidak langsung ke Gili Trawangan, karena perlu waktu seharian penuh untuk berwisata di Gili Trawangan, kecuali jika Anda memilih hotel di kawasan Gili Trawangan. Meskipun kita menggunakan penerbangan first flight yang pagi-pagi untuk ke Lombok, kita masih perlu perjalanan darat hampir 2 jam dari bandara ke Senggigi, belum perjalanan dari Senggigi ke pelabuhan Bangsal sekitar 30 - 45 menit, dan waktu menyebrang ke Gili Trawangan 30 - 45 menit, itupun kalau kapalnya tidak antri, bisa dipastikan sampai Gili Trawangan siang hari, jadi tidak maksimal kita menikmati keindahan Gili Trawangan.

Di kawasan wisata Senggigi, banyak bertebaran penginapan ataupun hotel untuk dijadikan alternatif pilihan bermalam jika Anda berkunjung ke Gili Trawangan namun tidak bermalam di pulau tersebut. Beberapa penginapan atau hotel di Senggigi yang pernah saya pilih untuk bermalam diantaranya Hotel Sheraton Senggigi, The Sentosa Villas & Resorts, Family homestay dan beberapa penginapan yang saya lupa namanya dengan tarif hanya Rp. 150.000 permalam yang lokasinya tidak jauh dari tempat pemberhentian Bus Damri di Senggigi.

Cerita pengalaman berwisata di Gili Trawangan - Lombok

Setelah kapal merapat di bibir pantai Gili Trawangan, kita akan disambut dengan jernihnya air disana, rasanya tidak sabar untuk segera explore pulau eksotis ini. Dan yang tidak bisa dilewatkan setelah kita turun dari kapal, akan ada papan dari kayu bertuliskan Selamat datang Welcome to Gili Trawangan dan tulisan Gili Trawangan dengan ukuran besar dan berwarna - warni, bagi yang suka narsis foto pasti akan berfoto di papan ini (seperti saya hee hee).
Selamat datang di Gili Trawangan

New Icon Gili Trawangan - Lombok

Kita akan berdecak kagum dengan kondisi pantai disana, air lautnya yang sangat jernih dengan gradasi hijau kebiruan, hamparan laut berwarna biru dengan latar belakang pulau Lombok, serta udara yang segar tanpa polusi karena di Gili Trawangan ini tidak dapat menggunakan kendaraan bermotor. Inilah keunggulan Gili Trawangan dengan pulau lain di Indonesia, kendaraan bermotor di larang keras beroperasi disana, alat tranportasi yang digunakan di pulau Gili Trawangan adalah sepeda dan Cidomo. Cidomo adalah sejenis kereta kuda khas Lombok - Nusa Tenggara Barat.
Cidomo ... alat tranportasi di Gili Trawangan

Warna air laut hijau kebiruan di Gili Trawangan - Lombok

Banyak aktifitas yang bisa kita lakukan untuk berwisata di Gili Trawangan, kita bisa menikmati pantai dengan air lautnya yang jernih, snorkeling untuk melihat kehidupan bawah laut, menikmati sunset atau sunset, bahkan kita bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan di sekitar bibir pantainya dengan berjalan kaki atau bersepeda. Selama berjalan mengelilingi pulau ini, kita akan mendapatkan pemandangan yang berbeda -beda di setiap sudutnya, saya pernah beberapa kali mengelilingi pulau ini baik dengan bersepeda ataupun berjalan kaki hampir 2 jam. Setelah bercapek ria mengelilingi atau menikmati Gili Trawangan, kita bisa bersantai di kafe yang banyak bertebaran di tepian pantai di Gili Trawangan.
Aku dan Gili Trawangan

Salah satu fasilitas hotel di Gili Trawangan

Setelah puas seharian menikmati keindahan Gili Trawangan, saatnya kembali ke penginapan di daerah Senggigi. Saya harus membeli tiket kapal penyebrangan lagi untuk menyebrang ke pelabuhan Bangsal di Lombok. Penyebrangan terakhir tiap harinya hanya sampai jam 4 sore, jadi bagi yang tidak berencana bermalam di Gili Trawangan, segera balik ke Lombok sebelum jam 4 sore atau resiko tertinggal kapal penyebrangan.
Menyebrang kembali dari Gili Trawangan ke pelabuhan Bangsal di Lombok

Saya sudah meraskan keindahan alam di Gili Trawangan, sekarang giliran Anda yang berkesempatan melihat keindahnnya, selamat berlibur di Lombok.

Hamparan laut biru di Gili Trawangan

Siap keliling Gili Trawangan dengan bersepeda

Ekspresi kepanasan dan ingin foto di Gili Trawangan

Menikmati jernihnya air laut di Gili Trawangan

Kapal bersandar di Gili Trawangan - Lombok

6 Komentar Untuk "Gili Trawangan di Lombok"

1. Enter your comment...nice info mas. jadi Pngen main ke Lombok 😊

1. Segera liburan ke Lombok @Fendy ... dijamin seru kalau kamu suka pantai

2. mas mau nanya donk, kalo dari gili trawangan ke bali itu gak da tiket murah ya? kok saya liat mahal semua? thanks mas bro.

1. Itu tergantung lagi low atau high session mas, rajin2 cek harga saja, barangkali beruntung ada harga promo mas

3. Thank you for sharing your knowledge and experience. It is the most helpful explanation I have come across so far. Good job and wish you more success.
    PPC Services Company India

4. Thank you for taking the chance to talk about this, I'm strongly about this and really like having to learn more about this type of field. Do you mind updating your site article with extra insight? It ought to be really beneficial for every one of us.
    How To Get Free Robux

Silahkan tinggalkan komentar atau saran tentang artikel ini