banner

Tirta Gangga di Bali

Bagi para pecinta traveling di seluruh dunia, nama Bali pasti masuk di dalam daftar kunjungan tempat wisata yang harus dikunjungi untuk berlibur. Baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan asing seakan berbondong-bondong berkunjung ke pulau dewata Bali untuk menghabiskan waktu berlibur untuk menikmati keindahan alam yang ada di pulau tersebut. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ini menyebabkan hampir semua Obyek Wisata di Pulau Bali selalu padat dan ramai oleh pengunjung. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian di tempat wisata di Bali, Anda bisa berkunjung ke salah satu tempat yang tenang, sepi dan tidak terlalu ramai di Bali, yaitu Tirta Gangga
Tirta Gangga di Bali

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di pulau Bali, yaitu Tirta Gangga

Pasti Anda sudah pernah menikmati keindahan Pantai Kuta di Bali kan!!, salah satu pantai yang sangat terkenal di Bali dan menjadi tujuan wajib bagi seseorang yang baru pertama kalinya berkunjung ke pulau Bali, seakan belum terasa di Bali jika belum menginjakkan kakinya di pantai Kuta Bali. Pantai yang menjadi salah satu icon wisata Bali ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan terutama menjelang sore hari saat matahari terbenam atau sunset. Suasana ramai seperti di pantai Kuta ini tidak akan Anda temui jika Anda berkunjung ke Tirta Gangga, salah satu tempat wisata di Bali bagian timur, lebih tepatnya di daerah Karangasem - Bali.

Tirta Gangga di Bali merupakan bekas istana kerajaan Karangasem yang terkenal dengan istana airnya, nama Tirta Gangga diambil dari Tirta yang berarti air dan Gangga merupakan salah satu nama sungai di India, jadi Tirta Gangga dianggap sebagai air suci bagi mayoritas Hindu di Bali. Dahulu tempat ini merupakan sumber air yang biasa digunakan masyarakat setempat sebagai kebutuhan air minum.
Suasana tenang di Tirta Gangga Bali

Letak, akses jalan atau rute menuju Tirta Gangga di Bali

Obyek wisata Tirta Gangga berlokasi di wilayah desa Ababi, kecamatan Abang, kabupaten Karangasem - Bali. Karena lokasinya yang di pinggir jalan raya jurusan Amlapura bisa membuat para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini bisa lebih mudah untuk menemukannya. Untuk berkunjung ke Tirta Gangga, dari lokasi wisata Kuta atau kota Denpasar bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dengan mengunakan mobil ataupun sepeda motor menuju kabupaten Karangasem di bagian timur pulau Bali. Rute ini akan melewati obyek wisata di Bali lainnya seperti pantai Candidasa dan Padang Bai

Keunikan dan keistimewaan Tirta Gangga di Bali

Taman Tirta Gangga ini dibangun pada tahun 1948 atas prakarsa raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Lokasinya dikelilingi oleh sawah dengan perbukitan hijau yang indah, dan suasana tenang sangat terasa didalam lokasi wisata ini. Arsitektur taman air ini merupakan gabungan dari arsitektur bali dan Cina. Air dari mata air Tirta Gangga ini dianggap suci oleh masyarakat hindu di Bali, sampai dengan saat ini sumber mata air di Tirta Gangga dipergunakan untuk upacara keagamaan di pura-pura disekitar Tirta Gangga.
Kolam air di Tirta Gangga Bali

Terdapat beberapa bagian di lokasi wisata ini, diantaranya terdapat sumber mata air yang berada di bawah pohon beringin, kolam renang atau pemandian, kolam hias dan kebun. Hal pertama yang bisa kita lihat saat pertama kali masuk lokasi wisata ini adalah hamparan kolam disisi kanan yang dihiasi oleh bebatuan dekoratif dengan hiasan patung dewa-dewi, terdapat juga bebatuan berundak seperti bangunan candi yang menjulang yang mengeluarkan semburan air, ikan hias juga berenang dengan bebas di kolam ini.

Harga tiket masuk dan fasilitas Tirta Gangga di Bali

Untuk menikmati lokasi bekas kerajaan Karangasem tersebut, saat itu saya dan pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing (update terakhir tiket untuk wisatawan domestik Rp. 10.000 dan wisatawan asing menjadi Rp 20.000, dengan berjalannya waktu pasti akan ada perubahan lagi untuk harga tiket masuk)
Jembatan di Tirta Gangga Bali

Fasilitas di Tirta Gangga yang sudah dipersiapkan pengelolah untuk para wisatawan berupa area parkir yang sangat memadai, kios-kios penjual cinderamata dan souvenir khas Bali, serta suasana tempat wisata yang sangat terasa nyaman saat kita berjalan mengelilingi lokasi wisata Tirta Gangga ini.

Penginapan atau hotel di sekitar Tirta Gangga Bali

Untuk referensi penginapan ataupun hotel di daerah sekitar Tirta Gangga Bali, Anda bisa mencari referensi melalui booking hotel secara online. Situs penyedia layanan booking hotel secara online seperti www.agoda.com ataupun www.booking.com 

Cerita pengalaman berwisata menikmati Tirta Gangga di Bali

Setelah sehari sebelumnya menikmati indahnya alam Bali di bagian selatan seperti GWK, Pantai Dreamland, Uluwatu dan Pantai Padang-Padang, kali ini saya akan mencoba rute yang berbeda, yaitu menikmati tempat wisata di daerah Karangasem - Bali bagian timur, yang salah satunya adalah Tirta Gangga

Obyek wisata Tirta Gangga lebih cocok dikunjungi saat sore hari, karena suasana sore lebih terasa nyaman saat kita berjalan mengelilingi istana air bekas kerajaan Karangasem ini, bisa dibayangkan betapa panasnya jika kita mengelilingi tempat ini saat siang hari. Karena itu, tempat ini saya kunjungi paling terakhir saat rute keliling Bali di bagian timur ini, tempat lain yang saya kunjungi sebelum ke Tirta Gangga adalah menikmati wisata snorkeling di Padang Bai - Bali, menikmati makan siang di tepi Pantai Candidasa, dan berkunjung ke Pantai Amed karena penasaran dengan pasir hitamnya yang berbatu.

Setelah membayar tiket masuk dan memasuki area wisata Tirta Gangga ini, kita akan merasakan rasa tenang, hening dan gemericik suara air mengiringi langkah kita saat berjalan di lokasi wisata di Bali ini. Sangat terasa berbeda dengan tempat wisata di Bali yang lain dengan kondisi ramai pengunjung dengan kebisingannya.
Kolam di Tirta Gangga Bali yang berhias patung-patung

Pandangan pertama kita akan tertuju pada kolam hias berair jernih dengan hiasan banyak patung di sekitar kolam dan terlihat ikan berenang bebas di kolam tersebut, gemericik air keluar dari salah satu bebatuan mirip candi yang menjulang tinggi di tengah kolam tersebut. Kita bisa berjalan ditengah kolam tersebut dengan berpijak bebatuan yang tertata rapi disekitar kolam dan menyaksikan ikan-ikan berenang dengan bebasnya, setelah merasa puas di lokasi ini, saya berpindah ke lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi kolam hias tersebut, terdapat kolam renang atau pemandian dengan airnya yang sangat jernih dan dingin, ada beberapa pengunjung yang sedang berendam saat itu, saya tidak sempat mandi atau berendam di pemandian tersebut meskipun dalam hati ingin sekali ikut berendam dan mandi di tempat ini, karena pertimbangan keterbatasan waktu dan perjalanan balik ke area sekitar Kuta tempat saya menginap yang masih 2 jam perjalanan, akhirnya saya harus rela tidak ikut berendam karena saat itu sudah hampir jam 16.30
Pemandian di Tirta Gangga Bali

Lokasi wisata Tirta Gangga ini dikelilingi taman dengan pepohonan hijau tertata rapi, dari kejauhan terlihat sawah dan perbukitan yang membatasi area ini, sore hari saat itu suasana sangat sejuk dan membuat betah berlama-lama ditempat ini, namun tidak ada pilihan lain karena harus segera kembali ke hotel lagi di sekitar area Kuta untuk istirahat dan tidak kemalaman di jalan.

Saya sudah merasakan ketenangan dan keindahan Tirta Gangga di Bali ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di Bali.
Aku dan Tirta Gangga di Bali

Salah satu sudut Tirta Gangga di Bali

Capek ... tapi foto-foto di Tirta Gangga Bali jalan terus

Obyek wisata Tirta Gangga di Karangasem - Bali

Hiasan patung di Tirta Gangga - Bali


2 Komentar Untuk "Tirta Gangga di Bali"

  1. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    ReplyDelete
  2. Ayo kunjungi website kami bento4 untuk mendapatkan uang Rp 100.000 setaipa harinya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar atau saran tentang artikel ini