banner

Pantai Seger di Lombok

Obyek Wisata di Pulau Lombok bukan hanya Gili Trawangan atau Pantai Senggigi yang namanya sudah sangat terkenal bagi para wisatawan pecinta pantai. Masih banyak lagi potensi wisata yang bisa menjadi primadona baru bagi wisata di pulau Lombok ini. Daya tarik utama pulau Lombok adalah kecantikan pantai-pantai yang masih bernuansa alami dan cenderung masih sepi pengunjung. Jika Anda sedang berlibur di Lombok, pastikan untuk tidak melewatkan keindahan pantai-pantai di pulau Lombok yang hampir tersebar di seluruh bagian pulau ini, salah satunya adalah pantai Seger di Lombok Tengah.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di pulau Lombok, yaitu pantai Seger
Pantai Seger di Lombok

Pantai Seger di Lombok adalah sebuah pantai yang masih alami dan unik, karena selain berpasir putih dan memiliki panorama perbukitan khas pantai Lombok tengah bagian selatan, pantai ini juga menampilkan panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tengkong (batu jamur) yang dapat di capai oleh pengunjung saat air laut surut. Sesampainya di pantai Seger, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang membuat siapapun merasa segar kembali, karena disana, telah tersaji hamparan pasir putih yang sangat cantik, jernihnya air laut yang membuat kita ingin berenang di dalamnya, dan hijaunya tumbuhan di pinggir pantai, serta suasana yang sangat tenang dan membuat pikiran jadi segar.
Batu Tengkong di Pantai Seger - Lombok

Letak, akses jalan dan rute menuju Pantai Seger di Lombok

Lokasi pantai Seger berada di Lombok Tengah bagian selatan, atau berlokasi 2 km arah timur Pantai Kuta Lombok dan masih berada dalam garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta Lombok. Berderet pantai dengan pemandangan yang sangat indah ada di lokasi ini, deretan pantai tersebut adalah Pantai Kuta Lombok, bergeser sedikit kita akan menemui Pantai Seger, tak jauh dari Pantai Seger terdapat Pantai Torok Bere atau Pantai Serenting, dan di paling ujung kita akan menemui Pantai Tanjung Aan.
Petunjuk arah menuju Pantai Seger - Lombok

Petunjuk arah ke Pantai Seger - Lombok

Untuk menuju ke Pantai Seger, kita tinggal mengarahkan rute perjalanan ke lokasi wisata Pantai Kuta Lombok, karena lokasi Pantai Seger hanya berjarak 2 km dari Pantai Kuta Lombok. Jarak tempuh dari Bandara International Lombok (BIL) di Praya menuju Pantai Seger sekitar 30 menit dengan menggunakan taksi, jasa travel, ataupun mobil, mengingat tidak ada transportasi umum yang melewati lokasi Pantai Seger. Sedangkan dari Kota Mataram akan menempuh jarak tempuh sekitar 52 km dengan estimasi waktu lebih dari sejam menuju Pantai Seger. Jika posisi kita berada di kawasan wisata Pantai Senggigi akan lebih jauh lagi jarak tempuh untuk menuju Pantai Seger di Lombok Tengah, waktu yang diperlukan sekitar 2 jam perjalanan.
Perbukitan di sekitar Pantai Seger - Lombok

Keunikan dan keistimewaan Pantai Seger di Lombok

Jika Anda mencari pantai dengan suasana yang tenang dan sepi, sehingga Anda nisa menikmati suasana pantai dengan leluasa, maka Pantai Seger bisa di masukkan dalam daftar pantai sepi pengunjung dengan kondisi yang sangat tenang tersebut. Pantai Seger sangat cocok bagi kita yang mencari ketenangan. Suasananya yang sepi sangat pas untuk bermalas-malasan menikmati liburan, berjemur atau hanya duduk sambil menikmati keelokan pantai. Jernihnya air membuat karang yang tertimbun di dasar laut dengan mudah terlihat, sebuah pemandangan yang sangat indah. Bahkan, kita bisa menapaki karang-karang yang bermunculan saat air surut dan berjalan ke arah tengah laut, jika beruntung kita dapat menemukan ikan-ikan kecil yang bersembunyi malu di balik karang.
Air laut yang mulai surut di Pantai Seger - Lombok

Pada bulan-bulan tertentu, biasanya bulan Februari atau Maret tiap tahunnya, kita dapat mengikuti kegiatan Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Kuta dan Pantai Seger. Bau Nyale merupakan ritual tahunan yang ditandai dengan munculnya cacing laut (nyale) yang dipercaya sebagai titisan Putri Mandalika. Tidak hanya menonton atau ikut menangkap nyale, kita juga bisa mencicipi makanan dari nyale, yang menurut orang Lombok rasanya sangat enak dan gurih.
Patung Putri Mandalika di sekitar Pantai Seger - Lombok

Event Bau Nyale ini didasari oleh mitos tentang putri seorang raja di pulau Lombok. Ia bernama Putri Mandalika, sang putri memiliki kecantikan rupa yang menarik minat banyak raja dan pangeran dari kerajaan tetangga untuk meminangnya. Tidak mudah bagi sang putri untuk menentukan pilihan, karena masing-masing peminangnya bersikeras untuk mendapatkannya. Melihat kondisi ini, sang putri yang tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah di negerinya, memilih untuk mengorbankan diri. Dipilihnya sebuah puncak bukit di pinggir laut selatan, dan dari puncak bukit itu dia menerjunkan diri. Karang dan gelombang laut menyambut pengorbanannya. Tubuh Putri Mandalikapun menghilang ke dalam samudera. Setelah peristiwa itu, tak lama kemudian di sekitar muncul cacing-cacing laut dan semakin lama bertambah banyak. Cacing-cacing ini kemudian menyebar hampir sepanjang pantai selatan Pulau Lombok. Masyarakat setempat menyebut cacing-cacing sebagai "Nyale" dan mereka menyakini bahwa "Nyale adalah jelmaan Putri Mandalika yang memilih mengorbankan dirinya untuk keamanan negara dan masyarakat.
Tiket masuk Pantai Seger - Lombok

Harga tiket masuk dan fasilitas Pantai Seger di Lombok

Untuk menikmati keindahan pantai Seger di Lombok ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk mobil, dan Rp. 5.000 bagi pengendara motor. Parkir kendaraan yang luas juga tersedia di area pantai ini. Setelah memasuki area pantai, kita akan disambut dengan birunya laut dengan berbatas pasir putih yang sangat halus, hembusan angin yang akan membuat pikiran penat bisa menjadi segar kembali. Di sekitar pantai, sesekali kita menjumpai warga lokal yang menawarkan aksesoris dan kain tenun khas daerah Lombok.
Tempar parkir di Pantai Seger - Lombok

Warga lokal yang berjualan kain tenun khas Lombok di Pantai Seger

Penginapan atau hotel di sekitar Pantai Seger di Lombok

Seiring makin berkembangnya wisata pantai di Lombok Tengah bagian selatan, terutama di Pantai Kuta Lombok dan sekitarnya, kondisi ini berimbas dengan makin banyaknya homestay, penginapan ataupun hotel yang dibangun di sekitar kawasan ini. Salah satu hotel berbintang yang sudah beroperasional di sekitar Pantai Kuta dan Pantai Seger adalah Hotel Novotel Lombok, selain itu, puluhan hotel dan homestay lain juga tersebar di sekitar Pantai Kuta Lombok, yang lokasinya hanya sekitar 2 km dari Pantai Seger.
Aku dan Pantai Seger - Lombok

Saya sudah merasakan keindahan Pantai seger di Lombok ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di Lombok.

Pengunjung Pantai Seger yang bisa dihitung dengan jari

Kalau air surut bisa berjalan ke arah batu tengkong

Meski cuaca panas, masih terasa seger di Pantai Seger - Lombok

Hamparan pasir yang luas di Pantai Seger - Lombok



0 Komentar Untuk "Pantai Seger di Lombok"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar atau saran tentang artikel ini